RESENSI BUKU COOPERATIVE LEARNING (ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN IPS)


Resensi Buku Cooperative Learning (Analisis Model Pembelajaran IPS)
Identitas Buku
Judul Buku : Cooperative Learning (Analisis Model Pembelajaran IPS)
Penulis Buku : Dra. Hj. Etin Solihatin, M. Pd., Raharjo, S.Pd.
Penerbit : Bumi Aksara
Cetakan : V
Tebal Buku : 140 Halaman
Tahun Terbit : 2011

Ikhtisar
Buku ini ditulis dengan tujuan agar pembelajaran Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model Cooperative Learning dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk belajar mandiri serta belajar bersama untuk mencapai tujuan bersama. Selain penguasaan materi pembelajaran, hasil belajar mahasiswa, Cooperative Learning juga berhubungan dengan sikap dan keterampilan sosial selama proses pembelajaran dapat lebih ditingkatkan.
Struktur buku ini terbagi menjadi 3 bagian besar yang terdiri atas beberapa bab. Pertama, membahas apa itu Cooperative Learning. Kedua, apa itu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), baik materi, media, laboratorium, dan evaluasinya. Ketiga, bagaimana aplikasinya dalam pembelajaran , baik persiapan sebelum belajar, proses, maupun saat briefing dan evaluasi.
Cooperative Learning merupakan suatu model pembelajaran yang membantu mahasiswa dalam mengembangkan pemahaman dan sikapnya sesuai dengan kehidupan nyata sehingga dalam bekerja secara bersama-sama diantara sesama anggota kelompok dapat meningkatkan motivasi, produktivitas, dan hasil belajar.
Tujuan Pendidikan IPS adalah untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi warga negara yang baik dalam kehidpannya di masyarakat, unutuk mengembangkan kemampuan mahasiswa menggunakan penalaran dalam mengambil keputusan setiap persoalan yang dihadapinya.
Buku ini membahas secara detail bagaimana menciptakan kegiatan pembelajaran yang tidak membosankan dengan cara menerapkan model Cooperative Learning. Sebuah aplikasi pada materi hak asasi manusia (HAM), budaya, good goverment , semakin memperjelas konsepsi dari model Cooperative Learning.

Kelebihan

  • Buku Cooperative Learning (Analisis Model Pembelajaran IPS) ini mampu menyuguhkan informasi mengenai model pembelajaran baru agar pelajaran IPS tidak membosankan bagi para mahasiswa. Mahasiswa juga dapat berdiskusi dengan suatu kelompok kecil, menjadi aktif, dan belajar melalui teman sebayanya.
  • Ada skema, tabel, dan gambar untuk memperjelas point paragraf yang panjang agar menjadi lebih detail.
  • Buku ini tidak hanya mebahas tentang cooperative learning saja, namun juga membahas sedikit materi, meda, laboratorium dan evaluasi mengenai Pendidikan IPS. Sehingga sangat cocok digunakan untuk mahasiswa baru Pendidikan IPS untuk mengetahui gambaran awal mengenai perkuliahan jurusan Pendidikan IPS.

Kekurangan
  • Terdapat beberapa paduan kata yang sulit dipahami.
  • Kalimat per paragraf terlalu bertele-tele dan diulang-ulang sehingga sedikit membosankan.
  • Design cover yang kurang menarik.



Buku referensi dapat ditemukan di :


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Uyon-Uyon / Gamelan

Cerkak (Cerita Cekak)

SESORAH