RESENSI BUKU COOPERATIVE LEARNING (ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN IPS)
Resensi Buku Cooperative Learning (Analisis Model Pembelajaran IPS)
Identitas Buku
Judul
Buku : Cooperative Learning (Analisis
Model Pembelajaran IPS)
Penulis
Buku : Dra. Hj. Etin Solihatin, M. Pd., Raharjo, S.Pd.
Penerbit
: Bumi Aksara
Cetakan
: V
Tebal
Buku : 140 Halaman
Tahun
Terbit : 2011
Ikhtisar
Buku
ini ditulis dengan tujuan agar pembelajaran Pengetahuan Sosial (IPS) dengan
menggunakan model Cooperative Learning
dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk belajar mandiri serta belajar
bersama untuk mencapai tujuan bersama. Selain penguasaan materi pembelajaran,
hasil belajar mahasiswa, Cooperative
Learning juga berhubungan dengan sikap dan keterampilan sosial selama
proses pembelajaran dapat lebih ditingkatkan.
Struktur
buku ini terbagi menjadi 3 bagian besar yang terdiri atas beberapa bab.
Pertama, membahas apa itu Cooperative
Learning. Kedua, apa itu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), baik materi, media,
laboratorium, dan evaluasinya. Ketiga, bagaimana aplikasinya dalam pembelajaran
, baik persiapan sebelum belajar, proses, maupun saat briefing dan evaluasi.
Cooperative Learning
merupakan suatu model pembelajaran yang membantu mahasiswa dalam mengembangkan
pemahaman dan sikapnya sesuai dengan kehidupan nyata sehingga dalam bekerja
secara bersama-sama diantara sesama anggota kelompok dapat meningkatkan
motivasi, produktivitas, dan hasil belajar.
Tujuan
Pendidikan IPS adalah untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi warga negara yang
baik dalam kehidpannya di masyarakat, unutuk mengembangkan kemampuan mahasiswa
menggunakan penalaran dalam mengambil keputusan setiap persoalan yang
dihadapinya.
Buku
ini membahas secara detail bagaimana menciptakan kegiatan pembelajaran yang
tidak membosankan dengan cara menerapkan model Cooperative Learning. Sebuah aplikasi pada materi hak asasi manusia
(HAM), budaya, good goverment ,
semakin memperjelas konsepsi dari model Cooperative
Learning.
Kelebihan
- Buku Cooperative Learning (Analisis Model Pembelajaran IPS) ini mampu menyuguhkan informasi mengenai model pembelajaran baru agar pelajaran IPS tidak membosankan bagi para mahasiswa. Mahasiswa juga dapat berdiskusi dengan suatu kelompok kecil, menjadi aktif, dan belajar melalui teman sebayanya.
- Ada skema, tabel, dan gambar untuk memperjelas point paragraf yang panjang agar menjadi lebih detail.
- Buku ini tidak hanya mebahas tentang cooperative learning saja, namun juga membahas sedikit materi, meda, laboratorium dan evaluasi mengenai Pendidikan IPS. Sehingga sangat cocok digunakan untuk mahasiswa baru Pendidikan IPS untuk mengetahui gambaran awal mengenai perkuliahan jurusan Pendidikan IPS.
Kekurangan
- Terdapat beberapa paduan kata yang sulit dipahami.
- Kalimat per paragraf terlalu bertele-tele dan diulang-ulang sehingga sedikit membosankan.
- Design cover yang kurang menarik.
Buku
referensi dapat ditemukan di :
Sangat berfaedah 👏👏👏
BalasHapusbermanfaat sekali, sangat membantu untuk mempertimbangkan akan membaca buku ini atau tidak 🖒
BalasHapusTerimakasih:))
HapusGood job
BalasHapus